Persiapan dan Syarat Pendaftaran PKN STAN 2023

Spread the love

Pendaftaran PKN STAN kembali dibuka! Nah salah satu persiapan yang dilakukan adalah bisa dengan mengikuti bimbel STAN. Seperti yang diketahui setiap tahunnya pendaftaran PKN STAN selalu menyedot perhatian para peminat karena sekolah yang satu ini sangat populer dan terjamin sekali untuk masa depan. Nah tanpa perlu berlama-lama lagi simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Persyaratan Pendaftaran PKN STAN

STAN kini sudah berganti nama menjadi PKN STAN, bagi Anda yang sangat mengikuti perkembangan sekolah ini pasti Anda sudah tahu informasi apa saja yang berkaitan dengan sekolah ini. Sebelum mengetahui persyaratan pendaftarannya berikut ini merupakan kriteria peserta yang perlu diketahui agar Anda bisa menentukan program apa yang akan dipilih.

  • Program reguler

Program yang pertama merupakan program penerimaan maba yang diperuntukkan untuk seluruh peserta dari semua wilayah yang ada di Indonesia yang nantinya akan ditunjuk untuk mengisi formasi ataupun kebutuhan yang ada pada Kementerian Keuangan, pemerintah daerah ataupun kementerian lainnya.

  • Program afirmasi

Sedangkan program afirmasi ini adalah program penerimaan maba yang diperuntukkan khusus untuk putra-putri Indonesia yang berasal dari Provinsi yang ada di Timur Indonesia yaitu Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Maluku Utara. Pada program afirmasi ini nantinya lulusan afirmasi akan ditunjuk dalam mengisi formasi yang ada di Kementerian Keuangan.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi yaitu sebagai berikut.

  1. Persyaratan Lulusan

Sama halnya ketika Anda mendaftar ke sebuah perguruan tinggi tentunya terdapat batasan persyaratan lulusan yang harus Anda penuhi. Program reguler dapat didaftar bagi Anda yang lulusan tahun 2022 maupun sebelumnya serta calon lulusan tahun 2023 yang berasal dari semua SMA atau sederajat.

  1. Persyaratan Nilai

Persyaratan selanjutnya yang harus dipenuhi para peserta pendaftaran PKN STAN adalah bagi Anda yang lulusan tahun 2022 atau sebelumnya, nilai yang harus dipenuhi yaitu mempunyai rata-rata nilai ujian yang ada pada ijazah tidak boleh kurang dari 70,00 untuk skala 100,0.

Bagi Anda lulusan baru atau calon lulusan tahun 2023, nilai yang ditunjukkan di sini adalah nilai rapor dengan rata-rata nilai tidak boleh kurang dari 70,00 juga dengan skala 100,00 untuk nilai mata pelajaran komponen pengetahuan dari 5 semester yaitu semester gasal dan juga genap pada kelas X, XI serta semester gasal pada kelas XII.

Khusus bagi calon lulusan 2023 apabila syarat tersebut dipenuhi, syarat selanjutnya apabila Anda diterima juga Anda harus dinyatakan lulus ketika melakukan pendaftaran ulang ya selain itu juga nilai rata-rata ujian Anda juga seperti persyaratan lulusan tahun 2022 dan sebelumnya yaitu tidak boleh kurang dari 70,00 juga pada skala 100,00.

  1. Syarat Usia

Jika pada saat persyaratan lulusan tadi tidak disebutkan secara mendetail tentang batasan lulusan berapa saja yang bisa mendaftar PKN STAN. Adapun pada persyaratan usia ini cukup jelas bahwasanya yang bisa mendaftar PKN STAN adalah Anda yang berusia minimal 15 tahun pada tanggal 1 September 2023 ketika Anda sudah dinyatakan lolos serta maksimal usia yang boleh mendaftar yaitu 21 tahun pada 1 September 2023.

Jadi misalnya Anda sudah berusia 21 tahun sebelum tanggal 1 September 2023 artinya Anda tidak diperbolehkan mendaftar PKN STAN karena usia maksimalnya tidak terpenuhi per tanggal 1 September 2023.

  1. Syarat-syarat yang Berkaitan Dengan UTBK

Syarat selanjutnya Anda juga harus sudah terdaftar UTBK yang telah diselenggarakan LTMPT pada tahun 2023. Adapun nilai TPS dan TBI UTBK yang harus dipenuhi yaitu berturut-turut minimal sebesar 600 dan 450 bagi peserta program reguler. Nah bagi Anda yang mendaftar program afirmasi maka nilai TPS dan TBI minimal sebesar 400 dan 375, Anda bisa mulai mempelajarinya di bimbel STAN.

  1. Syarat Secara Fisik dan Psikis

Anda juga harus sehat secara jasmani maupun rohani dan bebas NAPZA yang biasanya dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter. Bagi pria dan wanita tidak diperkenankan memiliki tato ataupun bekas tato. Lalu pria juga tidak boleh memiliki tindik ataupun bekas tindik kecuali jika hal tersebut aturan dari agama atau adat tertentu.

Sedangkan wanita tidak boleh terdapat tindik atau bekas tindik pada anggota badan yang lain selain telinga, lalu pada telinga juga tindiknya harus satu pasang saja. Kemudian syarat tambahan selanjutnya juga belum pernah menikah serta bersedia untuk tidak menikah ketika sedang mengikuti pendidikan.

Itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika Anda ingin mendaftar PKN STAN. Adapun dokumen lainnya yang perlu dipersiapkan bisa dilihat pada portal resmi PKN STAN. Bagi Anda yang sedang mempersiapkan tes SKD ataupun tes seleksi lainnya Anda bisa mengikuti bimbel STAN yang paling dekat di kotamu atau mengikutinya secara online.