Pengalaman Menarik Berkuliah di PKN STAN

Spread the love

Siapa yang tidak mengetahui PKN STAN? Pasti semua orang sudah mengetahuinya. Hal ini karena PKN STAN merupakan salah satu sekolah tinggi kedinasan yang sangat bergengsi dan untuk bisa masuk ke STAN kita perlu bersaing dengan banyak orang, sehingga bagi kalian yang memiliki kesempatan berkuliah di PKN STAN merupakan orang-orang yang beruntung.

Selain keunggulan yang dimiliki oleh STAN tersebut, ternyata masih banyak lagi fakta lain yang terdapat di STAN berdasarkan pengalaman seseorang yang pernah mengenyam pendidikan di STAN. Apa saja fakta-faktanya? Yuk kita simak artikel berikut!

Beberapa Fakta Kuliah di PKN STAN Berdasarkan Pengalaman

Ada beberapa fakta mengenai PKN STAN yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat, salah satunya ialah biaya kuliah yang gratis serta lulusannya akan langsung dipekerjakan di berbagai instansi keuangan pemerintahan. Akan tetapi selain beberapa fakta tersebut, ada beberapa fakta lain yang perlu diketahui berdasarkan pengalaman. Adapun beberapa fakta yang terjadi di PKN STAN, ialah:

  • Nilai adalah segalanya

Fakta yang cukup unik di kampus STAN ialah nilai merupakan segalanya sehingga tidak heran jika banyak mahasiswa yang berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai terbaik, semakin besar nilai yang didapatkan maka akan semakin percaya diri. Apabila kita mendapatkan nilai di bawah 2,75 maka kita perlu mempersiapkan diri untuk angkat koper serta hengkang dari kampus.

  • Tekanan saat perkuliahan

Selain mendewakan sebuah nilai, fakta lain yang hanya bisa dirasakan oleh mahasiswa STAN ialah tekanan perkuliahan yang datang terus menerus. Hal ini karena teman-teman kuliah kita merupakan orang-orang pilihan sehingga kita perlu menyeimbanginya agar tidak terlalu banyak selisih.

Untuk dapat menyeimbangi atau mengejar ketertinggalan kita akan penuh dengan tekanan dan cobaan, sehingga untuk bisa menjadi mahasiswa di PKN STAN kita perlu belajar untuk bisa bertahan di bawah tekanan.

  • Sangat mengedepankan integritas

Selain memprioritaskan sebuah nilai, di sini juga sangat mengedepankan integritas. Integritas sangat diperlukan untuk para pejabat negara sehingga untuk bisa bekerja di instansi pemerintah perlu dibentuk generasi yang memiliki nilai integritas yang tinggi.

  • Peraturan yang bisa berubah seketika

Peraturan atau kebijakan yang terdapat pada kampus bisa berubah-ubah sehingga kita perlu siap untuk menghadapi perubahan-perubahan tersebut agar tidak kaget.

Fakta Menarik Lain Mengenai PKN STAN Berdasarkan Pengalaman 

Selain beberapa fakta di atas, masih banyak lagi fakta lainnya yang tidak banyak diketahui oleh orang mengenai perkuliahan yang terjadi di PKN STAN. Adapun beberapa fakta menarik berdasarkan seseorang yang pernah berkuliah di PKN STAN, ialah:

  • Banyak jebolan dari UI dan UGM

Fakta yang sering terjadi dan temui di STAN ialah banyak jebolan dari UI dan UGM. Meskipun banyak dari kampus-kampus lainnya juga akan tetapi yang paling mendominasi ialah dari mahasiswa UGM dan UI, sehingga tidak heran jika mereka yang lolos masuk PKN STAN merupakan orang-orang terbaik dan terpilih.

Banyak mahasiswa yang sudah diterima di PTN ternama seperti UGM dan UI akan tetapi dilepas untuk lebih memilih menjadi mahasiswa PKN STAN. Hal ini karena kampus ini dinilai lebih menjanjikan sehingga banyak yang lebih memilih STAN dibandingkan dengan kampus negeri lainnya.

  • Budaya Drop Out

Budaya Drop Out atau biasa di sebut dengan DO ini sering kali terdengar karena begitu nilai IPK kita kecil maka biasanya akan langsung mendapatkan peringatan untuk DO. Oleh karena itu, kebanyakan orang yang bertahan ialah mereka yang benar-benar memiliki tingkat kepandaian di atas rata-rata.

Budaya DO ini cukup berbeda dengan kampus-kampus lainnya yang mana di kampus lain bisa melakukan DO ke mahasiswanya apabila mahasiswa telah menempuh perkuliahan lebih dari 14 semester, akan tetapi di STAN mahasiswa yang memiliki nilai IPK rendah dan di bawah rata-rata akan memiliki kemungkinan di DO.

  • SayTrap dan ambisi

Selain budaya DO, di STAN juga sangat terkenal dengan budaya Saytrap dan budaya ambisi. Budaya Saytrap ini merupakan budaya yang mengatakan dirinya tidak pernah belajar padahal yang sebenarnya terjadi ialah belajar dengan giat, taktik ini dipercaya untuk mengelabui teman-temannya agar tidak semangat belajar.

Selain SayTrap, di PKN STAN juga sangat terkenal dengan mahasiswanya yang sebagian besar memiliki sikap ambisi yang besar sehingga tidak heran jika banyak ditemukan mahasiswa dimanapun tetap belajar.

Ya, itulah beberapa fakta menarik berdasarkan pengalaman seseorang mengenai kuliah di PKN STAN. Beberapa fakta yang sering kita dengar seperti kuliah gratis dan langsung jadi PNS mungkin fakta mengenai keunggulan berkuliah di STAN, akan tetapi banyak fakta yang lain seperti yang telah disebutkan di atas berdasarkan dari pengalaman seseorang. Beberapa fakta di atas hanya bisa dirasakan oleh mahasiswa STAN-nya langsung karena berkaitan dengan proses pembelajaran.