Lulusan PKN STAN Diminati Kementerian dan Pemda

Spread the love

Siapa yang tidak tahu PKN STAN? Sekolah kedinasan ini sangat diminati kebanyakan orang mulai dari cita-cita para peserta didik itu sendiri hingga orang tua yang ingin anaknya sekolah di sana. Berbagai bimbel STAN terbaik saat ini bisa Anda temui dimanapun sebagai bentuk persiapan Anda untuk mengikuti tes masuk ke PKN STAN.

Anda mungkin sudah menentukan akan mendaftar di sekolah kedinasan favorit ini namun tahukah Anda apa saja jurusan yang ada pada sekolah tersebut? Lalu tahukah Anda kementerian atau lembaga apa saja yang akan ditempatkan bagi para lulusan dari PKN STAN ini? Nah bagi yang penasaran simak informasi di bawah ini.

Daftar Jurusan Terpopuler Di PKN STAN

Seperti yang diketahui saat ini PKN masih berada di bawah naungan dari Kementerian Keuangan karena di tahun 2020, PKN sudah memperbarui perjanjian kerja sama dengan Kemenkeu. Hal ini menunjukkan bahwa lulusan dari PKN STAN nantinya akan diangkat menjadi CPNS seperti di tahun-tahun sebelumnya di bawah naungan Kementerian tersebut.

Sekjen dari PKN STAN itu sendiri yang menyebutkan bahwa lulusan dari PKN STAN ini nantinya akan ditempatkan di Kemenkeu sebanyak 29% lalu sisanya akan ditempatkan di kementerian ataupun lembaga lainnya sampai ke pemerintah daerah sesuai dengan kebutuhan saat itu.

Adapun daftar jurusan yang ada di PKN STAN yaitu sebagai berikut.

  1. Pajak

Jurusan terfavorit dan paling banyak peminat di sepanjang tahun PKN STAN membuka pendaftaran jatuh kepada jurusan Pajak. Jurusan ini saat ini memiliki tiga program studi yaitu D1 dan D3 pajak serta D3 PBB/nilai. Lulusan dari jurusan ini sebagian besar akan ditempatkan pada Ditjen Pajak.

Perlu diketahui juga bahwa ke depannya program studi yang ada pada STAN ini nantinya akan beralih menjadi DIV semua. Seperti yang diketahui perkembangan teknologi nantinya akan mempengaruhi semua bidang pekerjaan salah satunya di bidang keuangan ini.

Jadi nantinya akan banyak tugas manusia yang akan digantikan oleh mesin. Oleh karena itu kemungkinan jurusan ini juga akan banyak diganti ke prodi tingkat DIV.

  1. Akuntansi

Jurusan selanjutnya yang paling diminati juga oleh kebanyakan orang adalah jurusan akuntansi. Salah satu alasan mengapa jurusan ini banyak peminatnya karena lulusan dari akuntansi PKN STAN ini akan ditempatkan hampir di semua instansi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa hampir semua instansi membutuhkan orang dari lulusan ini dan artinya peluangnya juga lebih besar. Nah untuk akuntansi itu sendiri pada PKN STAN terdiri dari prodi DIII dan DIV.

  1. Kepabeanan dan Cukai

Bagi Anda yang sudah memimpikan untuk bekerja di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai maka jurusan ini wajib Anda pilih pada pilihan pertama karena lulusan dari jurusan ini akan ditempatkan pada Direktorat tersebut. Nah namun perlu diketahui juga bahwa pada jurusan ini tidak hanya fokus belajar saja ya namun jika Anda memilih jurusan ini Anda harus siap-siap menjalankan pendidikan semi militer.

Hal tersebut karena jurusan yang satu ini menjadi satu-satunya jurusan di PKN STAN yang menerapkan pendidikan tersebut. Jadi Anda juga akan berkesempatan belajar di outdoor atau secara lapangan seperti olahraga, baris berbaris dan lain sebagainya. Perlu diketahui juga bahwa khusus jurusan ini DIII hanya diperbolehkan untuk laki-laki sedangkan untuk perempuan boleh mendaftar prodi D1.

  1. Kebendaharaan Negara

Jika mendengar jurusan ini mungkin pikiran Anda langsung tertuju pada keuangan negara. Ya, jurusan ini memang akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan hukum keuangan negara maupun pengelolaannya baik untuk negara maupun pengelolaan keuangan daerah.

  1. Penilai/Pajak Bumi Bangunan

PKN STAN juga memiliki jurusan yang unik dan beda dari yang lain. PKN STAN memiliki jurusan PBB dimana jurusan ini adalah jurusan satu-satunya yang ada di Indonesia loh. Jika Anda memilih jurusan ini nantinya Anda akan ditempatkan di Ditjen Pajak ataupun Ditjen Kekayaan dan BPKP. Jika tertarik untuk memilih jurusan ini maka Anda bisa mempelajari dahulu tes persiapan masuk PKN STAN di bimbel STAN terbaik yang ada di kota Anda.

  1. Manajemen Aset

Apa yang ada di pikiran Anda jika mendengar jurusan ini? Jika belum terpikirkan, jadi jurusan manajemen aset ini merupakan jurusan hukum yang ada di PKN STAN loh. Jadi hal-hal yang  akan dipelajari pada jurusan ini diantaranya seperti penilaian aset, lelang, piutang dan lain sebagainya.

Itulah daftar jurusan yang ada di PKN STAN, berdasarkan informasi penempatan tersebut Anda juga menjadi tahu bahwa nantinya lulusan PKN STAN ini akan menjadi seorang CPNS dan akan lebih diminati untuk ditempatkan di kementerian-kementerian terkait. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan mengikuti bimbel STAN terbaik agar bisa lolos.